http://hayakukeren.blogspot.com/ 2011-11-23 weekly 0.8 Info Teknologi: Persiapkan Diri Untuk Tidak Menikmati Layanan-Layanan Google

Persiapkan Diri Untuk Tidak Menikmati Layanan-Layanan Google

Info Tentang Google,Persiapkan Diri Untuk Tidak Menikmati Layanan-Layanan Google
Setelah meluncurkan program Google+ dan direspon positif oleh masyarakat pengguna internet, Google berencana untuk mematikan sebagian layanan-layanannya dan fokus pada produk-produk google dengan traffik tinggi minimal produk tersebut digunakan 2 atau 3 kali dalam sehari.
Untuk meningkatkan fokus ke beberapa produk andalannya termasuk Google+ yang sedang naik daun maka Google akan menggabungkan sebagian produk-produknya ke produk lain dengan fungsi yang hampir sama atau bahkan mematikan sama sekali produk-produk yang dianggap tidak memberikan manfaat besar. Berikut daftar daftar layanan-layanan google berikutnya yang akan dimatikan atau digabungkan dengan layanan-layanan google lainnya :

Aardvark
Ardvark adalah start-up yang diakuisisi google pada tahun 2010 lalu. Aardvark adalah sebuah jejaring sosial baru dengan fasilitas bertanya dan menjawab antar pengguna Aardvark. Google akan menutuf Aardvark dan fokus pada cara bagaimana menghubungkan orang-orang agar menemukan pengetahuan lebih banyak.

Google Desktop
Perkembangan cloud computing atau komputer awan semakin banyak digunakan akhir-akhir ini serta terintegrasinya antara fungsi pencarian dan gadget terutama smartphone dan operating system modern, sehingga para pengguna internet memiliki akses cepat terhadap data-data mereka baik berupa data online maupun offline. Dengan alasan tersebut maka pada tanggal 14 september seluruh hal berkenaan dengan Google Desktop dihentikan termasuk fungsi API, plugin, gadget, dan dukungan Google.

FastFlip
FastFlip memberikan pengalaman baru dalam membaca halaman web maupun mobile terhadap berita-berita populer. Selama 2 Tahun bekerja dengan publisher online FastFlip memberikan pengalaman bagaimana cara menampilkan konten lebih cepat. Pendapat penulis FastFlip akan diintegrasikan dengan Google+ yang sedang naik daun.

Google Pack
Karena menurunnya permintaan terhadap software yang dapat didownload dalam mendukung aplikasi web, maka Google akan menghentikan layanan Google Pack.

Google Maps API For Flash
Google Maps API For Flash diluncurkan Google untuk memberikan pengembang ActionScript untuk mengintegrasikan Google Maps ke dalam aplikasi mereka. Walaupun Google tidak suka dengan API, namun ia akan tetap mensupport Google Maps API premier pelanggan untuk tetap menggunakan Google Maps API For Flash, serta memusatkan perhatian pada JavaScript Maps API v3.

Google Web Security
Google Web Security menjadi bagian dari layanan-layanan google setelah diakuisiisi dari Postini pada tahun 2007. Sejak itu google telah mengintegrasikan fungsi-fungsi web security pada produk Google, seperti keamanan browsing pada Google Chrome. Meskipun google akan menghentikan penjualan Google Web security, Google tetap akan mendukung pelanggan yang ada sekarang.

Image Labeler
Google mulai menggunakan Image Labeler sebagai sebuah permainan menyenangkan guna membantu orang mengeksplorasi label gambar di web. Meskipun Image Labeler akan dihentikan google, namun sebagian besar online game google tetap bisa dimainkan.

Google Notebook
Google Notebook memungkinkan pengguna internet menggabungkan URL web dan membuat catatan dalam dokumen mereka dan mempublikan kembali. Google akan menutup layanan Google Notebook mereka dan mengekspor semua data pada Google Notebook ke Google Documents.

Sidewiki
Perkembangan web membuat orang berkolaborasi sendiri-sendiri dan membuat kelompok-kelompok sosial sesuai hobi dan kesenangan mereka sehingga Sidewiki kurang mendapat apresiasi dari masyarakat online. Apabila anda penulis Google Sidewiki silahkan cek email anda untuk melihat lebih detail tentang kebijakan google terhadap sidewiki.

Subscribed Links
Subscribed Links atau ling langganan adalah produk google yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan hasil pencarian khusus yang ditambahkan ke dalam hasil pencarian google normal sesuai dengan kueri pencarian.

Google Code Search
Google Code search adalah layanan google untuk membantu orang-orang mencari open source code. Layanan google code search akan ditutup keberadaannya oleh google termasuk code search API pada Tanggal 15 Januari 2012.

Google Buzz
Ketika artikel ini penulis sharing layanan google buzz masih bisa dibuka. Layanan google buzz akan ditutup pada beberapa minggu mendatang termasuk juga google buzz API. Setelah Google buzz ditutup maka anda tidak akan bisa membuat posting baru, namun apabila anda pengguna Google Buzz anda bisa melihat konten-konten anda melalui Google Profile dan mendownload google buzz lewat google takeout.

Jaiku
Jaiku adalah sebuah layanan yang diakuisisi Google pada tahun 2007 untuk mengirimkan update status ke teman. Google akan menutup jaiku pada 15 Januari 2012. Google memberikan kesempatan kepada pengguna Jaiku untuk mendownloadnya sebelum ditutup.

iGoogle
Pada bebarapa tahun belakangan, kita bisa berinteraksi sosial menggunakan layanan iGoogle. Namun dengan hadirnya layanan Google+, google akan fokus pada layanan Google+. Fitur iGoogle sosial akan dihapus pada 15 januari 2012. Namun layanan iGoogle sendiri dan layanan-layanan yang ada di iGoogle akan tetap ada kecuali layanan iGoogle sosial.

The University Research Program for Google Search
Layanan the university research program for google search menyajikan akses API untuk hasil pencarian google bagi peneliti akademis. Layanan Google ini akan ditutup pada tanggal 15 Januari 2012.
Sebagai tambahan bahwa layanan the google labs juga akan dimatikan oleh google pada beberapa waktu mendatang dan situs Boutiques.com dan Like.com akan digantikan dengan Google Product Search.

0 komentar:

Posting Komentar