http://hayakukeren.blogspot.com/ 2011-11-23 weekly 0.8 Info Teknologi: PLASTIK KEMASAN BERBASIS BIO

PLASTIK KEMASAN BERBASIS BIO




Info Teknologi, PLASTIK KEMASAN BERBASIS BIO

Tetra Pak telah mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk menandatangani perjanjian dengan Braskem, sebuah produsen termoplastik, untuk penyediaan low density polyethylene (LDPE) yang terbuat dari tebu ,pabrik bahan kemasan di Brasil. Untuk masa sidang, dijadwalkan mulai pada kuartal pertama 2014. Menurut rencana, Tetra Pak akan menggunakan bio berbasis LDPE sebagai komponen paket yang diproduksi di Brazil. Rencana pindah ke berbasis bio LDPE berarti bahwa 100% dari paket Tetra Pak diproduksi di Brazil, sekitar 13 miliar, akan memiliki hingga bahan kemasan 82% dari sumber terbarukan. "Perjanjian baru yang akan ditandatangani dengan Braskem menunjukkan komitmen kami untuk membawa inovasi lingkungan kepada pelanggan kami dan merupakan langkah lebih lanjut dalam perjalanan kita untuk mengembangkan paket sepenuhnya terbarukan," kata Presiden Tetra Pak dan CEO, Dennis Jonsson.
Braskem akan menggunakan etanol yang berasal dari tebu untuk menghasilkan etilen, yang kemudian akan dikonversi menjadi LDPE. LDPE terbuat dari tebu memiliki sifat yang sama dengan LDPE terbuat dari sumber fosil.
"Yang baru berbasis bio-I'm greenTM LDPE adalah lembam, tahan dan dapat didaur ulang sebagai polyethylene yang terbuat dari sumber fosil tetapi, memberikan kontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca dengan menyerap karbon dioksida dari atmosfer selama proses pertumbuhan tebu, "kata Presiden Braskem Carlos Fadigas."Perluasan produk hijau memperkuat komitmen kami untuk menambah nilai melalui pembangunan berkelanjutan." Di Brasil rantai karton telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC) sejak tahun 2008, fakta bahwa semua kertas yang digunakan dalam produksi Tetra Pak paket berasal dari hutan yang dikelola sesuai dengan prinsip pengelolaan hutan yang bertanggung jawab.
Tetra Pak adalah pertama pemasok kemasan makanan untuk menggunakan plastik berbasis bio dalam kemasannya, meluncurkan paket Produk inovasi terbaru Tetra Brik Aseptic dengan StreamCap 1000 diproduksi dengan berbasis bio polietilen densitas tinggi (HDPE) yang disediakan oleh Braskem tahun 2011. Awal bulan ini, perusahaan mengumumkan ketersediaan global versi berbasis bio LightCap 30, yang menggunakan HDPE terbuat dari tebu.

0 komentar:

Posting Komentar